20080615

FKI Exhibition 2008


Pameran Komputer skala besar tahun ini kembali diadakan, tanggal 11-15 Juni 2008. Selain di Jakarta, pameran yang diberi judul resminya "Festival Komputer Indonesia (FKI) 2008" diadakan serentak di 5 kota lain yaitu Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar. FKI juga dibarengkan waktu dan tempatnya, dengan Pameran Handphone (Indonesia 2008 Cellular Show).


Secara pandangan mata, keramaian jauh lebih banyak terjadi di venue pameran komputer. Sementara pameran handphone, walau mengambil tempat yang lebih luas (selain di hall Assembly, juga di Hall Convention (ruang bundar JHCC).

Komputer

Teknologi memang membuat kita terkagum-kagum. Apa yang tidak terbayang dapat dilakukan, ternyata dapat dilakukan, bahkan semudah klik klik klik, pencet pencet dan geser geser sesuatu di perangkat komputer.

Sisi satunya: hidup menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Sisi lainnya: hidup menjadi dimanjakan oleh teknologi, dan serba instan.

Sisi yang pasti terlihat: kecanggihan dan harga. Sisi yang belum tentu terlihat: inovasi, proses, dan investasi.

Pameran Produk

Pameran Produk memberi kemudahan pada customer untuk mendapatkan banyak informasi tentang segala produk yang ditawarkan dan produk yang ada di pasaran. Kadang kita terpikir, apa bedanya membeli produk di arena pameran, dan apa bedanya dengan membeli di toko? Apakah memang membeli produk di pameran jelas lebih menguntungkan?

Teman yang menemani ke Pameran ini, kebetulan dia bekerja di bidang IT, jadi dia mengetahui banyak sekali tentang seluk beluk komputer. Menurut beliau, dan dari kesimpulan sementara beliau berdasarkan sight seeing di pameran, harga tidak begitu beda jauh dengan di toko, tapi kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah di pameran, karena ada kompensasi bonus-bonus tertentu.

Saya sendiri, mengalami, keuntungan bagi customer datang ke Pameran Produk adalah memudahkan untuk mendapatkan informasi, yang "lintas toko". Pameran, dengan lay out stand-stand terbuka, memudahkan pengunjung untuk tanya sana sini, lihat sana sini, pegang produk sana sini, lihat langsung kinerja produk sana sini. Tanpa ada batasan sekat-sekat toko, tanpa ada kecanggungan kontak dengan sales officer, seperti kalau kita datang ke satu per satu toko di mal, atau pusat-pusat penjualan produk.

Best Buy

Di pameran produk, ada begitu banyak produk yang diexpose, ada begitu banyak produk yang ditawarkan. Tidak semua dari kita paham tentang banyak produk. Begitu banyak produk dan begitu banyak informasi, membuat kita bingung, tentunya. Apalagi produk komputer, dengan spesifikasi-spesifikasi yang lumayan jelimet :) Memang di brosurnya ada dicantumkan semua spesifikasi produk. Sama sulitnya dipahami, seperti membaca label di kemasan obat-obatan :)

Untunglah, kemarin itu saya di-"guide" oleh teman saya yang memang capable di bidang komputer. Jadi, informasi tentang produk bisa dijelaskan, dan rekan itu with his courtesy, membantu memilah-milah dan membanding-bandingkan informasi spesifikasi produk, sehingga didapat produk yang best buy: spesifikasi optimal sesuai kebutuhan dan harapan, harga masih sesuai dengan budget :)

Tips untuk mempersingkat proses cari-cari dan lihat-lihat dan timbang-timbang produk yang dicari di arena pameran: tanyakan pada penjaga stand nya: "Produk kategori... (misalnya desktop, atau laptop, atau apa pun) kalau merk ini, yang best buy nya apa ya...? " Mereka mungkin akan tanya lagi, untuk budget berapa ? So, kebutuhan akan bertemu dengan kemampuan. Informasi akan bertemu dengan Pilihan.

Selamat mengumpulkan informasi, membandingkan, menimbang, dan memutuskan.
Many Thanks to Cun Leng & Agus W.


SEKILAS INFO BEBERAPA PRODUK BEST BUY:
(budget IDR 6-9 juta)

Laptop
Lenovo : G400, G410,
Hewlett Packard: 5020,
DELL : Inspiron 1420,




No comments:

Post a Comment

How About You? Wanna Share Your Mind/Experience? Just feel free to write down here :