20080604

Batik is Everywhere!


Saya suka juga pakai kemeja batik ke kantor. Tanpa alasan yang khusus. Nyaris tidak ada acara di kantor yang dress code nya batik :) Kalaupun ada, ya jarang lah. Saya suka kemeja batik lengan pendek. Santai tapi cukup formal untuk ke kantor. Bahan kemeja batik biasanya juga adem, tidak gerah, tidak ribet. Tapi saya berbatik ke kantor juga kadang-kadang saja, tidak sering juga. Biasanya kalau lagi santai, yang hari itu tidak pasti apakah akan jumpa orang luar kantor (tamu, klien, dsb). Jadi dengan batik lengan pendek, ready to be casual, and ready to be formal :) Kadang juga untuk gaya-gaya aja, just feel different sensation, wearing a batik shirt in daily activities :)

Kemeja batik juga egaliter. Kemeja batik tidak seperti pakaian lain yang dengan mudah kita melihat mahal murahnya :) Jadi, dengan berbatik, tidak bisa sombong, dan tidak perlu minder juga :) :) Bukan begitu ? :) Dari batik tulis asli yang bahan sutera paling mahal, hingga batik yang bahan kiloan dari grosir, bisa berbaur. Memang, dilihat lebih jeli, kualitas pasti membedakan mana yang bagus, mana yang sekedarnya :)

Hari Jumat, biasanya ada pemandangan menarik saat karyawan-karyawan kantor masuk dan pulang kerja. Terlihat orang-orang berbatik di mana-mana. Karena setiap hari Jumat, karyawan perusahaan negara (BUMN, Bank Pemerintah, dsb) diwajibkan dress code nya batik. Batik apa pun. Batik corak apa pun, dan model apa pun. Yang penting batik. Titik. :)
Batik motif "terserah" itu mengingatkan pada masa SMA dulu, di mana kami dulu ada jadwal pakaian seragam: Senin-Selasa kemeja putih dan celana/rok abu-abu, Rabu-Kamis kemeja batik motif "terserah" dan celana/rok/kulot warna terserah juga. Hari Sabtu pakaian kemeja bebas dan celana warna bebas juga. Kebijakan hari Sabtu pakaian bebas, mungkin supaya siswa tidak berpakaian seragam sekolah pada hari Sabtu, untuk menghindari terjebak tawuran (dulu tawuran sering terjadi pada hari Sabtu). Sekarang gimana ya? Sudah jarang juga ya tawuran antar siswa sekarang ini ya? Bagus lah...

Hari-hari ini, batik jadi dress code di mana-mana. Lagi ngetrend pakaian wanita yang corak batik. Dari model baby doll, sampai model kemeja maskulin, dengan corak batik. Dari model panjang menyerupai daster, hingga model pendek menyerupai baju anak-anak :) Waktu awal-awal trend ini, saya sempat bingung juga, kok orang ke kantor pakai baju mirip daster ya.... Hehehehe.... (Mengingatkan pada daster corak batik kannn....)

Tapi bagus lah... Batik is one of the heritage of our country. Batik juga sangat kaya dengan corak. Membuat hidup lebih hidup, ketika melihat orang berpakaian batik dengan bermacam corak. Mengingatkan pada kekayaan warisan nusantara. (Batik itu mewakili seluruh Indonesia, atau hanya Jawa ya? Gak tahu juga deh.... Setidaknya, batik identik dengan Indonesia) :)

Pernah mendatangi langsung ke sentra-sentra pengrajin batik tulis di daerah seperti Pekalongan, Indramayu, Yogyakarta, Surakarta? Itu adalah pengalaman yang mengesankan...

Sampai sekarang, saya masih penasaran dengan kain batik motif Mega Mendung, khas Cirebon. Motifnya seperti gambar awan-awan, dengan tepian gambar yang berwarna bergradasi. Tapi saya sampai sekarang belum punya kain batik motif itu. Batik tulisnya cukup mahal :) dan pernah ketemu dengan harga yang terjangkau, tapi belum ketemu corak dan warna yang saya suka :) Hope someday I have one :)

Oya, tentang trend pakaian wanita saat ini motif batik.... Satu hal yang terlihat adalah: begitu mudahnya trend pakaian wanita merebak. Begitu mudahnya "menyeragamkan" corak berpakaian di kalangan wanita. Trend batik muncul, nyaris semua wanita "wajib" punya pakaian dengan motif batik :) Yang tadinya ogah berbatik, sekarang jadi rajin berburu baju motif batik. Pakaian model lama yang barusan, segera ditinggalkan.

Beda dengan di kalangan pria. Walaupun sedang trend pakaian motif garis-garis sulur-sulur warna warni, tetap aja ada yang pakai motif garis-garis satu warna. Walau muncul trend pakaian motif garis-garis tegak lagi, tapi tetap saja masih ada pria yang pakai kemeja motif garis-garis miring, yang sudah out of date :) Kalau ada inspeksi mendadak tentang pakaian yang dikenakan oleh pria saat ini, bisa ditemukan semua model dan trend pakaian yang pernah ada, yang saat ini masih dipakai oleh pria :)

Itu mungkin beda wanita dan pria ya....

Kembali ke batik, I love Batik too.. dan saya ingin menyelesaikan tulisan ini sampai di sini.
Selamat berbatik ! :) Feel the Heritage ! :)

2 comments:

  1. Yup.. Even me Wearing Batik.. ^_^ and I am a 7th month prego-lady, and it does feel comfort...

    Feel free to see me in BAtik in my picture below ^_^:
    www.yoesri.multiply.com

    ReplyDelete
  2. Mensukuri 70 tahun Indonesia-ku MERDEKA 17 Agustus 2015
    VIDEO : Kreasi LAGU WAJIB NASIONAL INDONESIA Masa Kini :PERSATUAN INDONESIA
    "Kreasi LAGU WAJIB NASIONAL INDONESIA Masa Kini : Persatuan INDONESIA"
    https://www.youtube.com/watch?v=6hu5dGjrAHk

    *AntenaTV Bagus, AntenaTV Rakitan, AntenaTV Digital
    *AntenaTV Sederhana, AntenaTV Yang Bagus, AntenaTv LED
    *AntenaTV Wajanbolic, AntenaTV UHF, AntenaTV Tanpa Boster, Cara Buat AntenaTV
    Nonton TV LEBIH ASYIK, dengan AntenaTV Bagus Wajanbolic
    http://antenatv-rakitan.blogspot.com

    Batik KHAS Bekasi dgn CORAK/MOTIF yg sesuai PAKEM & FILOSOFI BATIK BEKASI
    http://khasbatik.blogspot.com

    ReplyDelete

How About You? Wanna Share Your Mind/Experience? Just feel free to write down here :