20081116

[Film] Journey to The Center of The Earth

Jules Verne. Film Journey to The Center of The Earth ini mengangkat cerita klasik yang termasyur: Perjalanan ke Pusat Bumi, oleh Jules Verne. Judul cerita ini saya tahu sejak saya masih kecil (SD) waktu mulai suka baca-baca buku. Waktu di jaman saya itu, ada kumpulan buku cerita bergambar, namanya Album Cerita Ternama.
.
Semua cerita-cerita termasyur dunia, ada di situ. Misalnya Kota Atlantis, Suku Terakhir Pompeye (atau Last Mohikan? atau ada keduanya?), Tom Sawyer, Benhur, Winnetou, Keliling Dunia dalam 70 Hari, dsb.
.
Sayangnya, cerita Perjalanan ke Pusat Bumi, saya waktu itu belum sempat baca... Hiks..... (atau waktu itu saya tidak paham ceritanya, jadi saya lupa? Maybe :)



Film 2008
Journey to The Center of The Earth, sudah beberapa kali difilmkan. Yang terbaru adalah yang dibintangi Brendan Fraser. Mendengar nama Brendan ini, penggemar film tentu ingat dengan sekuel-sekuel Mummy.
.
Bisa dibilang, ya cocoklah tipe cerita Journey ini dengan karakter Brendan di film sekuel-sekuel Mummy. Sehingga, kadang ketika menonton film ini, jadi teringat dengan film Mummy, atau malah jadi melebar jadi ingat juga film Indiana Jones nya Harrison Ford :)

Kembali ke film Journey versi 2008 Hollywood, film ini cukup menarik untuk ditonton. Film petualangan. Walau tidak sampai sebagus-bagus gimana, gitu... Untuk skala 1-10, boleh lah film ini kita berikan ponten 7.75

Amazing visualization
Film ini sangat menarik di visualisasinya, di efek-efek visualnya. Jalan ceritanya juga menarik (tampaknya di film ini terutama difokuskan pada perjalanan "masuk ke pusat bumi" dan upaya untuk kembali lagi ke permukaan bumi. Film ini cukup mendebarkan juga, untuk mengikuti bagaimana akhirnya mereka dapat kembali ke permukaan bumi, setelah mereka berhasil (walau secara tak disengaja pula) sampai ke pusat bumi.

Di beberapa bioskop di Jakarta, film ini dapat ditonton dengan fitur tampilan 3 Dimensi.
[silakan lihat infonya di Harian Ibukota, yang menyajikan iklan jadwal bioskop]


Hemat pemain
Film ini praktis pemainnya hanya sedikit. Sepertinya tidak sampai sepuluh orang :) karena memang sekitar 80 persen film ini, mengisahkan perjalanan pergi dan pulang dari pusat bumi :) di mana hanya tiga orang saja, yaitu Trevor, Hannah, dan Sean.


Lesson Learned
Pesan moral yang dapat dipetik dari film ini antara lain sebagai berikut.


  • The impossible is possible. Hal yang tampaknya tidak mungkin, bisa saja terjadi. Tidak ada yang tahu sampai segala sesuatu terjadi dan terlihat. Yang penting adalah kita tidak menutup diri terhadap segala kemungkinan. (Kalimat terakhir ini saya tambahkan sendiri bukan melulu dari film ini, tapi masih cukup relevan lah dengan moral story film ini... )

  • Belajar dan membaca apa pun, informasi yang mungkin suatu saat berguna. Trevor dan Hannah banyak terbantu dengan informasi-informasi yang mereka pernah baca, termasuk tulisan-tulisan di buku Journey to the Center of The Earth, seperti dikisahkan di film itu, walau ketika membaca itu mereka juga tidak tahu apakah informasi itu betul dan akan berguna di masa datang. Sean sempat berucap bahwa ia menyesal melewatkan membaca buku Journey to the Center of The Earth, padahal buku itu menjadi bacaan wajib di sekolahnya :)

  • Lain-lain ......

(Ada yang sudah nonton film ini,
dan mau menambahkannya di sini?) :)


.....................................................................

.....................................................................

(Just kindly click "Comment" below, and post your comment :)


WIKIPEDIA menulis tentang novel A Journey to the Center of The Earth :

A Journey to the Centre of the Earth (French: Voyage au centre de la Terre), also translated as A Journey to the Interior of the Earth, is a classic 1864 science fiction novel by Jules Verne.
.
The story involves a professor who leads his nephew and hired guide down a volcano in Iceland to the "centre of the Earth".
.
They encounter many adventures, including prehistoric animals and natural hazards, eventually coming to the surface again in southern Italy. The living organisms they meet reflects the geological time; just as the rock layers become older and older the deeper one gets, the animals get more and more ancient the closer the characters come to the center.

From a scientific point of view, this story has not aged quite as well as other Verne stories, since most of his ideas about what the interior of the Earth contains have since been proven wrong. However, a redeeming point to the story is Verne's own belief, told within the novel from the viewpoint of a character, that the inside of the Earth does indeed differ from that which the characters encounter.
.
One of Verne's main ideas with his stories was also to educate the readers, and by placing the different extinct creatures the characters meet in their correct geological era, he is able to show how the world looked like millions of years ago, stretching from the ice age to the dinosaurs.




Summary of Jules Verne's Book :
http://www.thesummaries.com/books/journey_to_the_center_of_the_earth.htm


Wikipedia Article :
http://en.wikipedia.org/wiki/Journey_to_the_Center_of_the_Earth



2 comments:

  1. udah nonton Wan...dan menurut gue, entertaining...moral of the story: read-and you shall know stuff...hihihihi.

    ReplyDelete
  2. Filmnya emang keren gan :D bener" ngegambarin isi bumi banget, meskipun rada kurang masuk akal -_- tapi overall menarik buat ditonton lagi hehe.... visit www.ipb.ac.id

    ReplyDelete

How About You? Wanna Share Your Mind/Experience? Just feel free to write down here :