20090101

GPMB XXIV 2008 (Part II)



Audience. Kalau di posting sebelum ini, kita sudah lihat siapa-siapa saja juara-juara yang dikukuhkan dari hasil lomba GPMB 2008, dari penilaian juri (Lihat: Posting di Blog ini Desember 2008 judul: GPMB XXIV 2008 The Winners atau klik http://candisewu.blogspot.com/2008/12/gpmb-xiv-2008-winners.html ), maka di posting ini, kita akan lihat dari perspektif penonton ya.... Dari perspektif saya maksudnya, alias dari pengamatan saya sebagai salah satu penonton di GPMB tempo hari :) :) Boleh-boleh aja kan... Hehehehee....


Band Favorit versi SMS. Kalau dari hasil polling SMS yang diadakan panitia, yang unggul sebagai band favorit adalah Puteri Santa Ursula Marching Brass. Ya iya lah.. Ini mudah dimengerti... secara supporter PSU MB memang tidak ada tandingannya :) :)


Kalau menurut pengamatan saya, dari tahun ke tahun, MB Sanur dan MB Tarki, selalu paling heboh dukungan supporternya... dan yang paling kelihatan dukungan seluruh keluarganya... Kita bisa dengan mudah melihat bahwa papa, mama, kakak, adik dari personel MB Sanur & MB Tarki biasanya banyak yang menyempatkan diri hadir memberi dukungan. Viva Sanur & Tarki Family :)

The Bands, One by One

Sekarang kita bahas satu per satu ya unit-unit band yang kemarin saya lihat..... Sori mori stroberi kalo pendapat ini memang secara subyektif dari saya, sebagai penonton awam :)

Kita bahas satu per satu; tapi dengan catatan: foto-foto yang ada di sebelah paragrafnya ini saya pasang secara acak, jadi tidak merepresentasi unit band yang dibahas di paragraf sebelahnya... karena kemarin itu tidak semua unit band saya ambil fotonya... Karena kalau sibuk moto-moto terus, ya gak bisa menikmati menonton display nya dong.... :) :) [Rugi dong, secara tiket masuk untuk nonton di tribun yang hadap penonton, makin tahun makin naik mahalnya... Hehehehee]


MB. Sanur. Hhmm... gak tahu kenapa.... setiap kali GPMB, Sanur dan Tarki selalu muncul paling pertama dalam babak semi final. Biasanya, setelah upacara pembukaan dimulai, unit pertama yang muncul menunjukkan display nya adalah Sanur, atau Tarki kalau pas tahun itu Tarki yang ikut GPMB.

Secara kita tahu, siapa yang muncul pertama kali, posisinya jadi tolok ukur, bagi unit-unit berikutnya. Ya, kalau juri kadung kasih skor tertentu, pas dibandingkan dengan unit lainnya, gak bisa diubah lagi ? :) Yang menguntungkan, juri masih fresh :)


Di GPMB 2008 ini, MB Sanur muncul dengan kostum atasan biru, dan rok hitam panjang, untuk pemain alatnya, dan atasan putih/broken white? dan rok panjang merah untuk pemain colour guardnya... Tidak tahu kenapa juga... GPMB kali ini, unit-unit band didominasi warna kostum biru dan hitam.... Setelah saya lihat lihat lagi hasil jepretan foto... warna biru kostum unit, jadi matching dengan warna biru bangku tribun penonton :) Kalau warna hitam... hmm, mungkin dipilih supaya kontras dengan warna kuning lapangan Istora Senayan kali ya? Who knows? Ada yang bisa jelaskan ? :) :)


Secara keseluruhan, tampilan display dan showmanship (kalo gak salah ini adalah salah satu aspek yang dinilai juri, yaitu display dan showmanship maksudnya adalah bagaimana tampilan unit di lapangan, meliputi koreografi, bentuk-bentuk formasi, dan penampakan unit yang dilihat oleh penonton); lalu ada lagi aspek marching & manouvering (ini kayaknya yang dinilai adalah bagaimana unit-unit melakukan gerakan baris berbarisnya, lalu gerakan gerakan berubah formasi dari satu formasi ke formasi lainnya)..



Untuk MB Sanur, display dan showmanship serta marching dan manouveringnya saya lihat memang bagus... bagus dalam arti rapi, bersih, dan chik.... bisa dibilang cukup perfect untuk tampilan display sebuah unit band. Gak heran, kalau MB Sanur menang sebagai Juara Umum di Divisi Sekolah untuk GPMB 2008 ini :)


MB. BCK Rumbai. Unit ini namanya juga cukup tersohor di Divisi Sekolah di GPMB akhir-akhir ini. Prestasi BCK Rumbai ini juga cukup baik di GPMB. BCK Rumbai adalah unit MB di lingkungan persekolahan milik PT Caltex, Riau. Unit lainnya yang juga di bawah PT Caltex adalah MB BCK Duri, Riau. Kali ini MB BCK Duri tidak ikut serta dalam GPMB. Padahal, tahun lalu, MB BCK Duri berhasil menjadi Juara Umum Divisi Sekolah.


MB BCK Rumbai, di GPMB 2008 juga tampil bagus dan mengesankan. MB ini membawakan lagu-lagu Vina Panduwinata (Kumpul Bocah, Burung Camar, Biru, Bahasa Cinta/Makin Cinta). Di lagu Kumpul Bocah, sayang kurang ditampilkan secara menarik, padahal lagu ini harusnya menjadi seru, lucu, segar. Di lagu Biru dan Burung Camar, dibawakan secara menarik dan mengesankan. Terutama di lagu Biru, dengan aransemen yang bagus, dan tampilan solo horn/terompet yang beninggg.... Di lagu Bahasa Cinta/Makin Cinta juga dibawakan dengan bagus. So, tidak heran MB BCK Rumbai menduduki runner up Juara Umum II, untuk Divisi Sekolah. Sedikit kalahnya dari MB Sanur mungkin di music analysis nya BCK Rumbai yang masih kalah bening dibanding MB Sanur ya...


MB Bontang. MB Bontang Pupuk Kaltim setelah tahun lalu absen di GPMB karena fokus mengikuti kejuaraan MB regional di Malaysia, pada GPMB 2008 ini kembali membuktikan dirinya masih menjadi idola penonton se-Istora Senayan :) MB Bontang tetap masih mantap dan bagus, musik analisisnya masih top, display showmanship dan marching manouveringnya juga masih top. Tidak heran MB Bontang di GPMB kali ini kembali menjadi Raja GPMB, dengan menjadi Juara Umum di Divisi Umum.


Namun secara umum, -- seperti yang juga terjadi pada unit-unit band lainnya -- belum ada tren atau inovasi baru di display dan general effect yang dibawakan oleh MB BOntang. Display dan marching manouvering serta general effectnya, masih belum ada yang baru, sehingga bagi penonton jadi agak agak boring juga.... Tidak seperti pada saat awal gebrakan MB Bontang di tahun-tahun pertama keikutsertaannya di GPMB, di mana ada manuver dan general effect yang menghebohkan penonton se-Istora, misalnya ketika sekonyong-konyong semua personel tiba tiba tampak kostumnya berubah, atau ada properti yang ditampilkan secara menghebohkan yang menghasilkan general effect yang mengesankan. So, kita tunggu tren dan inovasi baru di GPMB selanjutnya...


MB Univ. Indonesia. MB Madah Bahana Univ Indonesia, cukup punya posisi di kancah GPMB. MB UI juga termasuk memorable di hati penonton, karena biasa menampilkan display tematik. Kali ini yang ditampilkan adalah musikal dengan tema "Transepot" yang menceritakan seorang dari kampung yang dengan susah payahnya melakukan perjalanan ke Jakarta, dengan memakai berbagai moda angkutan, mulai dari delman, kereta, becak serta bajaj.
.
Namun kali ini penampilan MB UI kelihatannya kurang greget. Namun penampilan musiknya masih OK, sehingga dewan juri masih mengganjar MB UI di tempat ke-4 Juara Umum GPMB kali ini.
.
MB Semen Padang. MB Semen Padang ini di GPMB juga cukup diunggulkan. MB ini pada beberapa kali GPMB di tahun-tahun belakangan ini sering menduduki peringkat runner up, di tempat Juara Umum ke-2 atau ke-3. "Saudara kandung" dari MB ini, yaitu MB Semen Gresik, pernah menjadi Juara Umum GPMB, tahun lalu. Kali ini tampilan MB Semen Padang juga cukup mengesankan penonton... yang menampilkan display, marching dan manouvering dengan tingkat kesulitan yang tinggi, yang hanya bisa dilakukan dengan baik oleh unit-unit band yang sudah papan atas :) Proficiat untuk MB Semen Padang.


MB Univ. Gajah Mada (UGM). MB UGM walau pada hasil final GPMB kali ini hanya menduduki peringkat ke-5 namun MB UGM menurut saya (dan kayaknya juga menurut mayoritas penonton GPMB) adalah unit yang paling memukau penonton, dengan display nya yang unik. MB UGM kali ini membawakan musik-musik Kitaro yang digubah dengan aransemen yagn cukup mengesankan (tidak murni aransemen Kitaro, seperti partitur yang sama, yang pernah dibawakan dengan baik sekali oleh MB Gita Teladan SMA 3 Jakarta, di tahun 1995an, yang ketika itu membawa MB Gita Teladan menjadi Juara umum GPMB).


Kembali ke MB UGM, kali ini MB UGM betul-betul menjadi band yang unik, beda dari yang lain, dari partitur musik yang dibawakan, dan style/thema display. MB UGM dengan partitur musik Kitaro dan display ala Jepangnya, betul-betul menjadi unik, mencuri perhatian hampir seluruh penonton Istora, sehingga menjadi tampilan yang segar, di tengah monoton nya tampilan display dan musik unit-unit band besar yang muncul di GPMB kali ini. Secara kualitas pun, setiap detil musik dan gerakan dan tampilan di display MB UGM kali ini betul-betul utuh gregetnya, dan mampu menyihir penonton. Ini terbukti dengan sambutan yang luar biasa meriah, standing ovation di akhir display unit UGM ini. Maka walau MB UGM hanya duduk di peringkat ke-5 Divisi Umum, namun tepat lah, apa yang dituliskan di official web blog MB UGM bahwa "MB UGM telah menjadi pemenang di hati penonton".


MB Bina Caraka. Unit MB dari Ditjen Bea Cukai ini, juga membuat heboh Istora Senayan. Secara kualitas, tampilan MB Bina Caraka memang terbilang baik dan bagus. Sebagai pendatang baru kembali (new come back) MB Bina Caraka mencatat prestasi yang cukup mengesankan yaitu menduduki peringkat Juara Umum ke-3 di Divisi Umum.


MB Univ. Sebelas Maret Surakarta. Unit ini terbilang pendatang baru di GPMB. Catatan prestasinya belum banyak di GPMB. Namun kali ini unit ini cukup mengesankan. Portal Trendmarching.or.id mencatat unit ini sebagai salah satu Best Mover of The Year. Kalau menurut sepenglihatan saya, unit ini yang mengesankan adalah di tampilan color guardnya, yang bisa tampil begitu rapi dan mengesankan; tampil bersih di mana tidak terlihat lari ke sana ke mari untuk pergantian alat/properti, karena sudah diatur sedemikian baiknya, ketika pergantian properti, memang semua sudah di tempatnya, danbisa dengan baik sekali dapat sesuai dengan musik dan posisi formasinya. Proficiat.


Catatan: dari semua unit unit band besar (MB Bontang, MB UI, MB Semen Padang, MB BCK, MB Sanur, MB Bina Caraka, dsb) semuanya tampilannya kali ini masih belum ada tren baru atau inovasi baru di display dan general effectnya, sehingga tampilannya secara umum seolah menjadi "senada seirama bahkan segerakan". Display dan musiknya, seolah mirip-mirip copy paste dari display dan musik yang sering kita lihat di video demo-demo display MB di kejuaraan MB di luar negeri... Ya mungkin memang belum ada tren baru... So, kita tunggu tren baru di display dan musik MB di GPMB selanjutnya.....


***********
Photos (dari atas ke bawah) :
.
(1) Suasana kejuaraan GPMB, dilihat dari tribun penonton. Unit band yang sedang tampil di lapangan adalah MB Bontang PKT.
.
(2) Unit band Puteri Santa Ursula Marching Brass sedang marching in memasuki arena lomba.
.
(3) Salah satu atraksi display dari MB Sanur.
.
(4) Salah satu atraksi color guard dari unit band MB BCK Rumbai.
.
(5) Display MB BCK Rumbai dilihat dari tribun penonton.
.
(6) Display MB Bontang PKT dilihat dari tribun penonton.
.
(7) Salah satu atraksi personel alat dari MB Bontang PKT di ending lagu.
.
(8) Unit band MB Bontang PKT saat pemanasan sebelum mulai display.
.
=====================
All Photos by: AWK (c) 2008
.
.
BACA JUGA :
.
(1) Rangking Nasional Marching Band Indonesia updated 30 Des 2008, by Trend Marching Indonesia. http://www.trendmarching.or.id/portal/content/view/939/159/
.
(2) Konsep Kalkulasi Rangking Nasional Marching Band Indonesia. by Trend Marching Indonesia. http://www.trendmarching.or.id/portal/content/view/936/2/


10 comments:

  1. Anonymous2/1/09 13:37

    wah...stelah saya membaca artikel anda mengenai komentar di GPMB XXIV lalu...terutama buat tim dimana sy bermain, MB uGM..saya sebagai player terharu sekaligus senang...
    jujur akhirnya impian tim kami untuk memberikan yang terbaik ke penonton akhirnya tersampaikan...
    dari awal,pelatih dan arranger selalu berkata bahwa yang terpenting adalah bisa menampilkan yg maksimal, dan memuaskan penonton...klopun menang dan mendapat posisi juara itu hanya sebagai bonus dari usaha kami...
    sekali lagi terima kasih atas dukungannya...
    viva marching band Indonesia..!!!!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih juga Mas/Mbak, yang sudah menyempatkan mampir dan membaca tulisan saya ini di blog saya... Proficiat sekali lagi untuk MB UGM... Semoga semakin sukses di tahun mendatang... Oya, jangan lupa, Trend Marching Indonesia sudah membuat sistem penilaian rangking Unit MB Indonesia dengan cukup fair, yang meng-akumulasi prestasi unit unit band dari semua kejuaraan yang diikuti, jadi tidak hanya ada ukuran GPMB. Semoga UGM juga menduduki peringkat yang baik ya di klasemen tersebut. Salam, Anton

    ReplyDelete
  3. Anonymous23/1/09 00:36

    Gila bener nih peneliti kita, cita2 dulu utk main bareng ama PSU MB di GPMB ga kesampaian, sekarang malah luar biasa hebat komentarnya. Salute for u

    Soal pengamat yg awam ... wah kurang tepat pilihan katanya ... pernah punya pengalaman kok dilupakan ...?? Atau masih rendah hati ...

    dr.bud

    ReplyDelete
  4. Thanks, dokter Budi, for visiting, reading, and leaving comments on Candi Sewu ... Ya gak mungkin laaa saya join di MB Sanur... Hehehehe... Tapi seperti dokter Budi ketahui dan alami bersama... biar gini gini, dulu pernah satu panggung eh satu lapangan lho, sama Drum Corps Indonesia yang juara/manggung di Pasadena yah... Hehehee

    ReplyDelete
  5. gak sengaja nemu blog ini waktu searching tentang mb pkt di um gugle, dan jreng ngaleihat postingan ini,wah senangnya. anyway kebetulan gue yang design uniform marching pkt. punya photo2nya gak? bagi gue dong, punya gue ilang semua bersama laptop gue yang raib.

    ReplyDelete
  6. Mas Faizz, Thanks sudah menemukan dan berkunjung ke Blog Candi Sewu, dan share di postingan ttg Grand Prix MB :)

    Tentang foto-foto PKT Bontang, dan foto-foto GPMB, saya tidak punya banyak Mas... Waktu itu hanya foto-foto dikit aja... yang sudah saya posting di blog ini juga... karena waktu itu saya nontonnya dari tribun atas, utk moto-moto agak kurang fokus jadinya, lagi pula, sibuk enjoy nonton display2nya :) :)

    Wah, turut sedih dengan hilangnya laptop mas... Semoga dapat laptop baru yang lebih canggih ya...

    Wah salut juga, Mas yang design kostum MB PKT ya.... Maju terus, dan sukses terus utk MB PKT ya...

    Salam, Anton

    ReplyDelete
  7. Mas Wiwan, sori ni baru aja sempet koment... haha telat bgt ya kalo liat dr tanggal postingannya... tks utk review nya... kalo bisa tiap tahun dong Mas... jarang banget ni kayanya yg bkn review kaya Mas gini... ditunggu ya Mas tulisan2 lainnya :) Salam Menulis!

    ReplyDelete
  8. hai wiman....walau tidak aktif di salah satu marching band. Saya suka buka youtube dan situs2 tentang marching. Saya sendiri jujur kalau ada GPMB selalu menunggu SANUR dan TARKI. Karena mereka selalu istimewa ( all girls) dan mampu melakukan yang dilakukan band-band co ce. Nah saya selalu melihat Sanur dan TARKI memang dilatih keras soal showmanshipnya. Dan satu hal peralatan mereka wahid punya......jadilah hasilnya bagus. Dan mereka punya tempat khusus untuk mengenbangkan MB mereka di sekolah. Jujur saya selalu menanti mereka selalu dan selalu.

    ReplyDelete
  9. Oya......satu hal Lagi mungkin ni Mas. SANUR punya spirit dan jiwa petarungnya ditambah yel-yel dari teman-teman mereka bisa membuat sebuah dorongan tampil bagus. dengan garis merah semua mereka adalah anak-anak berada dan akses cepat orang tua mereka mendukung

    ReplyDelete
  10. Hi Sahala... Thanks sudah berkunjung dan berbagi komentar di blog Candi Sewu.. Marching Band memang menarik. Terbukti dari event GPMB setiap tahunnya selalu heboh penuh sesak penonton. Posting GPMB di blog ini pun, walau sudah satu tahun lebih lewat, namun tetap banyak dibaca, dan komentar masih mengalir :)

    Tentang MB Sanur dan Tarki, betul, saya setuju semua yang dikemukakan oleh Sahala. Kedua unit ini, baik MB Putri Tarakanita maupun MB Putri Santa Ursula, memang sudah melegenda di dunia MB Indonesia. Tinggal 2 unit lama ini, yang masih bertahan di unit sekolah. Unit-unit sekolah legendaris lainnya yang masih eksis, sudah pindah ke Divisi Umum, misalnya MB SMA 3 Gita Teladan.

    Hanya kalau kita mengikuti perkembangan sekarang ini, sangat disayangkan keperkasaan MB Tarki dan MB Sanur di ajang GPMB tampaknya mulai melemah... Keduanya nyaris tidak lagi bisa disebut merajai (lebih tepat: meratui ya:) ajang GPMB lagi.. MB Sanur masih lebih baik, tahun lalu masih merebut Juara di GPMB Divisi Sekolah. Namun MB Tarki tahun ini lumayan tersisih dari posisi Juara.

    Faktor-faktor yang melemahkan MB Tarki dan Sanur mungkin karena unit-unit ini tampil selang seling tiap 2 tahun sekali di GPMB mungkin performance mereka jadi tidak stabil/ajek. Juga, secara mereka tetap di Divisi Sekolah, tentunya faktor pembiayaan juga menentukan prestasi. Dibandingkan dengan Divisi Umum yang mayoritas disponsori oleh perusahaan besar, tentu pembiayaan unit sekolah lebih lemah. Bahkan, MB BCK Duri/Rumbai pun, walaupun masih di Divisi Sekolah, namun di belakang mereka ada perusahaan multi national PT Caltex; tak heran sekarang yang merajai di divisi sekolah adalah MB BCK.

    Saya pribadi juga, walau saya tidak ada kaitan secara personal dengan sekolah Tarki dan Sanur, tapi juga tiap nonton GPMB, saya juga mendukung Tarki dan Sanur, secara ada ikatan spiritual, sebagai sama-sama dari lingkungan katolik :)

    Viva MB Tarki & MB Sanur. Kita tunggu penampilan MB Sanur di GPMB XXVI akhir Desember 2010 ini :)

    ReplyDelete

How About You? Wanna Share Your Mind/Experience? Just feel free to write down here :