20090104

Refleksi Tahun 2008-2009

Selamat Tahun Baru 2009. Perjalanan waktu telah membawa memasuki Tahun 2009, tahun yang baru. Hampir sepuluh tahun, kita telah memasuki Millenium Baru ini.
.
So, pergerakan waktu adalah empiris secara kita lihat pergantian hari siang dan malam ... Seperti kalimat yang tertulis di perikop pembuka di kitab sejarah religius tentang umat manusia (Kitab Kejadian Bab 1, tentang Kisah Penciptaan Bumi:
.
"...Maka jadilah pagi dan petang, hari pertama. .... Maka jadilah pagi dan petang, hari kedua. ... Maka jadilah pagi dan petang, hari ketiga. ... Maka jadilah pagi dan petang, hari ketujuh... Maka jadilah pagi dan petang, ... hari ini .... " (cf. Kejadian 1: 1-26)
.
Gracefully Farewell Tahun 2008
.
Mau tidak mau, kita harus dan telah meninggalkan tahun 2008. Puas tidak puas, Tahun 2008 sudah berlalu tinggal kenangan dalam lembaran perjalanan waktu di hidup kita. Susah senang, kecewa puas, harapan atau pun frustrasi, di tahun 2008 semua tinggal kerelaan kita untuk menerimanya. No way to back, so it would be better to have no regret. But we have forecoming year to move forward, so hope it shall be better for all of us.
.
Bagi saya pribadi, Tahun 2008 yang lalu, secara keseluruhan, dapat dikatakan berjalan dengan memuaskan, many positive things (beside the upset things, off course). Kalau saya evaluasi, tahun 2008 yang lalu, untuk saya pribadi dan keluarga, dapat kami lalui dengan baik. Dalam hal kesehatan, financial, mood & emotion, welfare, secara umum dapat kami syukuri dapat kami lalui dengan baik.
.
Secara kehidupan sosial, Tahun 2008 juga telah membawakan "hadiah-hadiah" nya untuk saya. Thanks God, I have had and met some of my good friends; and some new acquaintanceships that's really meaningful. And, most of them, I thank God, that in the ending months of 2008, I have met again, and re-find, and re-union with my significant one. Thanks to AHo for the nice friendship, and to AWi for the nice & impressive relationship. The days we have had were more than we deserved.
.
Thanks to Surya Agam, yang setia dan baik banget telah menjadi 'penasehat spiritual' saya yang sudah berjalan hampir satu dekade ini :), thanks for Alex Surya, Medan, yang juga menemani dalam melihat dan menyikapi hari-hari yang diberikan oleh Langit, thanks to Jojo, Batam, yang juga menemani melihat bintang di langit dan berjalan melewati pasir di bumi :) Thanks to Agus, Cun Leng, Steven yang sudah sabar dan baik banget dalam menemani melewati dan menyegarkan hari-hari yang keras di Djakarta :)
.
Thanks to Dinda, Lila, Mayang, Nawa, Benni, Endang, Aly, Pipit, Mb. Ita, dkk, dan semua rekan kerja di The Indonesian Institute; yang sudah menemani dan berjalan bersama dalam menyelesaikan tugas-tugas yang what we should do, and what we can do. Thanks untuk Mas Henry, Mb. Fimek, Pipit, Dyah, Mb. Wiwin, Mb. Leny, Mas Pur, dan semua rekan di DRSP USAID atas kesempatan dan kebersamaan dalam doing things for work.
.
Especially, Thanks to Dede Michael, yang sudah mengisi hari-hari di tengah keluarga kami di Depok Maharaja, you're the happiness of our family; and most of all, Thanks to My Family, to Mom, (alm.) Dad, also My Sister, and Brothers :)
.
2008 t0 2009
.
Kalau saya kilas balik lagi, tahun-tahun berangka-angka, yang sudah lewat-lewat... entah karena saya ini termasuk yang percaya Feng Shui, Luckyness, atau saya yang kebanyakan nonton film fairy tale Walt Disney ya... :) ; saya melihat 2000, 2004, 2008 dalam banyak hal telah menjadi "tahun-tahun keberuntungan" bagi saya :) .... many pleasant things, many surprise things.... (However, all of the years had been also bringing their each luckiness, for better or worst days, off course). So, maybe the next 2012 will be my impressive year also? Who knows .... :)
.
Namun demikian, 2008 telah kita tutup buku. Graceful farewell to the Year 0f 2008. Semua susah senang, manis pahit, pencapaian atau kegagalan, harapan atau frustrasi, downs and ups, semua sudah kita tutup buku di 2008, as per 31 Desember :) Seperti ada tertulis di Alkitab, "Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari, janganlah ditambahkan lagi.... " dan, "Untuk segala sesuatu di muka bumi ini ada saatnya... " ---> this is the most favourite passage of me and Koh :)
.
Semua hal yang sudah saya alami di tahun 2008, senang maupun susah, ups maupun downs, itu semua adalah apa yang diberikan "Langit" kepada kita; so ... let's just faithfuly hoping and doing our best in 2009, and hope "Heaven" would give the best for us, too.....
.
Faithfully Welcoming 2009
.
So, welcome the Year of 2009. Hope the forecoming days will be merry and bright, as the Christmas Eve's Spirit that had been the beginning of a chronicle of the year. Setiap tahun, masing-masing tahun membawa harapan dan rejekinya masing-masing... Hope this 2009 year will be smooth, and we all have the adequacy to walk and make through the days....
.
.
So, Wishing You A Prosperous New Year !
.
"Pertolongan kita atas nama Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi".
(Mazmur 124:8)
----------------------
.
Firework Picture was taken from : www.botsu.blogspot.com ; via Image Google Search.

1 comment:

  1. Anonymous7/1/09 21:07

    WUAH...

    Namaku disebut-2 dalam blognya Anton. Thanks yak!

    Have a Happy New Year!
    Wish you all the best this year!

    ReplyDelete

How About You? Wanna Share Your Mind/Experience? Just feel free to write down here :