20080713

Musik Klasik & Tipologi Love Seeker :)


Musik klasik. Sebelum dahi Anda berkerut-kerut membayangkan musik klasik yang rumit-rumit, dan sebelum Anda berhenti membaca tulisan ini, perlu disampaikan bahwa musik klasik tidak semuanya rumit. Ada yang easy listening, bahkan ada yang lebih simpel dibanding musik pop. Ada yang langsung pas di telinga semua orang. Memang, banyak juga musik-musik klasik yang terdengar ribet dan gak tahu bagusnya di mana di telinga.. Hehehe... tergantung selera juga pada akhirnya...


Yang mau dibahas di sini, ternyata...tipe-tipe musik klasik itu bisa mewakili tipe-tipe love seeker, artinya tipe kebiasaan seseorang ketika menyukai orang lain :)


Kita coba bahas ya...


(1) Lovable. Ada komposisi musik klasik yang mudah disukai oleh hampir semua orang. Biasanya melodinya mudah disukai, iramanya mudah disukai juga. Contohnya, Four Season nya Vivaldi. Komposisi ini, terutama bagian Spring nya, mudah disukai oleh pendengarnya, dari kalangan apa pun. Dalam love seeker, ada orang-orang yang lovable, yang mudah disukai oleh orang lain. Seperti lirik di lagunya Janice, "Loving you is easy because you are beautiful... "


(2) Unique. Ada komposisi musik klasik yang unik, yang beda dari yang lain, yang ketika cocok dengan selera, baru lah disukai oleh pendengarnya. Kadang komposisi ini tidak populer. Kita coba kasih contoh di sini, salah satu komposisi dari Beethoven, yang judulnya "The Ruins of Athena". Komposisi ini tidak begitu sering diperdengarkan. Jangan berharap komposisi musik ini bisa mudah ditemukan di ringtone HP, walaupun HP terbaru, tidak seperti ringtone dari komposisi musik klasik yang populer seperti Four Season, Fur Elise, atau lainnya. Dalam love seeker, ada orang-orang yang punya karakteristik yang kita temukan menarik setelah kita mengenal lebih jauh (kenal lebih jauh, atau kenal lebih dekat ya?) :)


(3) Extreme. Ada komposisi musik klasik yang ekstrem, sensasional. Contohnya, Opus Symphoni No. ..... (duh kok saya lupa ya.. sori, nanti saya carikan .. di folder saya file musik ini tidak tersimpan :) Komposisi musik ini karakternya dari awal sudah menggelegar, banyak bagian-bagian melodi yang keras lembutnya ekstrem, tempo nya juga dari lambat bisa mendadak cepat. Dalam love seeker, orang-orang dengan karakter yang cantik sekali, atau ganteng sekali, atau ramah sekali, atau pintar sekali, atau tajir sekali, bisa dengan mudah menarik perhatian dan mencuri hati seseorang :)


(4) Extended. Ada komposisi musik yang panjangggg... melelahkan untuk mendengarkannya... tapi di bagian-bagiannya ada bagian yang bagus.... Dalam love seeker, ada orang-orang yang tidak langsung kita kenali karakter yang menariknya, yang kita perlu proses yang lama dalam mengenalnya, baru kita dapatkan bagian bagian dari dirinya yang menarik... Biasanya kita akan ulang, akan repeat di bagian itu.... menerima keseluruhan apa adanya, mungkin menjadi tidak mudah :) :) Contoh komposisi musik ini, misalnya Opus Symphony No. 9 (ada bagian semacam reffren yang penggalannya populer dengan judul Song of Joy).. Mendengarkan keseluruhan musik ini (versi lengkapnya panjang, 23 menit!) melelahkan... dan bisa menjemukan... Tapi ada bagian-bagian yang sangat menarik, di penggalan Song of Joy itu ....


(5) Calm & Monotone. Ada komposisi musik yang slow, lembut, perlahan, kalem. Contohnya, komposisi-komposisi Waltz, yang biasanya untuk pengiring dansa waltz. Contoh yang mungkin Anda sering dengar adalah Blue Danube dari Strauss. Musik ini tenang, kalem, berirama tetap. Dalam love seeker, ada orang-orang yang karakternya tenang, lembut, berirama tetap, mood nya stabil. Kita tahu dalam hitungan ke berapa dia akan bereaksi, kita tahu pasti bagaimana mengimbangi langkahnya, dan sebaliknya kita tahu aksi kita akan diimbangi dia dengan aksi yang sudah bisa diterka pula, sudah berpola, dan sama. Kadang bisa muncul kebosanan, karena terpola, monoton :)


(6) Childish. Ada komposisi musik yang memang untuk musik anak-anak, umumnya musik-musik yang bisa kita jumpai di music box toy, musik-musik boneka mungkin ya istilahnya.... Contohnya, lagu Twinkle Twinkle Little Star (di folder saya, judulnya "Various Sobre Ah!V Vous Dirai" dari composer Mozart. Komposisi musik ini ringan, cocok untuk anak-anak, tapi kalo berkepanjangan jadi menjemukan juga. Dalam love seeker, ada yang suka dengan orang-orang yang berkarakter childish, yang lugu, ceria, tapi kalau berkepanjangan, jadi menjemukan juga...


So.....what kind of your love-seeker type? :)



P.S. Untuk komposisi-komposisi musik yang disebutkan judulnya di tulisan ini, bila Anda ingin mendengarkan musiknya, silakan dapatkan di toko CD terkemuka di mal kesayangan Anda. Atau, kalau Anda memang berminat, silakan request ke saya, nanti saya bisa kirimkan burning copy file di CD, bisa Anda ambil, atau saya kirim ke alamat Anda. Segala ongkos penggandaan dan pengiriman, gratis! Sejauh untuk keperluan pribadi. Kalau Anda perjualbelikan, hmm...perkaranya sudah bukan antara Anda dan saya, tapi sudah menyangkut royalti pemilik musik aslinya.... :) :) :)


Kalau Anda berminat untuk download musik-musik klasik, yang komposisi aslinya, bisa Anda download dari link ini : http://dlrapidshare.blogspot.com/2007_12_31_archive.html


Let's the Music play in your heart :)
-
Foto: Cover CD-CD Musik Klasik Koleksi Album Baby Einstein




No comments:

Post a Comment

How About You? Wanna Share Your Mind/Experience? Just feel free to write down here :