20080527

"Privatisasi" Taman Prasasti (Bagian 2)

Setelah coba cari penjaga di pintu gerbang utama, kami jumpa dengan seseorang yang sepertinya tinggal di situ dan menjaga/merawat Taman Makam itu. Kami tanya lagi, apakah boleh masuk ke dalam, untuk ambil foto-foto sebentar?

Penjaga itu menjawab, taman tutup, tidak buka, jadi tidak bisa masuk. (Lho tapi di dalam ada orang masuk?) Penjaga itu bilang, mereka sudah booking. (Lho harus booking dulu? Ada nomor telepon yang saya bisa telpon dulu untuk booking Pak? Supaya gak kecele, sudah datang tapi tidak bisa masuk?) Dijawab, langsung datang kemari aja, nanti rundingan aja. (Lho, rundingan apa ya?)

Akhirnya terjawab juga. Penjaga itu menjelaskan, bahwa kalau di hari-hari saat Taman ditutup untuk umum, sering ada orang yang pesan (booking) untuk "menyewa" lokasi Taman Makam untuk keperluan seperti sesi pemotretan. Biasanya, si pembooking, negosiasi untuk bayar sejumlah uang tertentu (gak tahu berapa, penjaga itu tidak mau sebutkan, hanya bilang, ya nanti "antara situ sama saya aja"...) Lalu sebagai imbal baliknya, penjaga akan memastikan bahwa lokasi taman bisa digunakan oleh si pembooking selama beberapa jam, misalnya untuk pemotretan, dengan jaminan tidak terganggu oleh hilir mudik pengunjung lain yang mungkin masuk.

Oleh karena itu, terjawab. (1) Jam buka tutup Taman itu bisa semaunya si penjaga. (2) Pada hari tertentu, kalau Taman sudah dibooking orang, maka Taman bisa ditutup untuk umum, untuk memberi previlege bagi si pembooking yang sudah ada transaksi imbal jasa dengan penjaga Taman.

Hm... Privatisasi Taman Prasasti dong ya?

Hmm.. mungkin saya saja yang belum tahu informasi jelasnya bagaimana pengaturan akses ke Taman itu. Apakah itu properti Privat atau Publik ? Swasta atau State-Own/Pemda?

Entah lah........Yang jelas, ornamen dan monumen di taman makam itu tampaknya tidak se-exciting yang tampak di taman makam yang di film Phantom; yang klip scene yang saya maksud di atas, bisa dilihat di youtube, berikut: http://www.youtube.com/watch?v=JAIMbYSwSWg


THANKS.
Thx too for DDY, SBY

No comments:

Post a Comment

How About You? Wanna Share Your Mind/Experience? Just feel free to write down here :